Diresmikan Presiden Jokowi, Sirkuit Mandalika Masuk Jadwal MotoGP 2022, Berikut Daftar Lengkapnya

- Sabtu, 13 November 2021 | 08:21 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Sirkuit Mandalika Jumat (12/11).  Indonesia pun masuk jadwal MotoGP 2022. (YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI)
Presiden Jokowi meresmikan Sirkuit Mandalika Jumat (12/11). Indonesia pun masuk jadwal MotoGP 2022. (YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI)

OTOSPORTIF. Sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat diresmikan Presiden Joko Widodo (Presiden Jokowi) pada Jumat (12/11). Indonesia pun masuk Jadwal MotoGP 2022.

Tidak sekadar meresmikan Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi pun mencoba langsung aspal dengan motor custom miliknya meskipun kondisi lintasan agak basah setelah terguyur hujan.

"Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer menggunakan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA),” jelas Presiden Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika, Mengaku Kesulitan Saat Jajal Langsung Pakai Motor

MotoGP 2022 direncanakan berlangsung sebanyak 21 seri yang dimulai pada Maret hingga November. Dari 21 seri tersebut, Indonesia masuk dalam Jadwal MotoGP 2022

Dalam Jadwal MotoGP 2022 ada dua seri baru yang digelar. Selain Indonesia, Finlandia berkesempatan mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah.  

MotoGP Indonesia yang menjadi seri kedua MotoGP 2022 dan berlangsung di Sirkuit Mandalika yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Baca Juga: GIIAS 2021, PT Pertamina Lubricants Hadirkan Enduro Limited Edition Pertamina Mandalika, Formula Khusus

Mandalika GP rencananya akan digelar pada 20 Maret, beberapa pekan setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret.

Presiden Jokowi meresmikan Sirkuit Mandalika Jumat (12/11).  Indonesia pun masuk jadwal MotoGP 2022.
Presiden Jokowi meresmikan Sirkuit Mandalika Jumat (12/11). Indonesia pun masuk jadwal MotoGP 2022. (YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI)

Setelah Indonesia, balapan akan berlanjut ke benua Amerika, yaitu  di Argentina pada 3 April dan Amerika Serikat pada 10 April.  

Selanjutnya, MotoGP akan kembali menjalani tur Eropa yang dimulai dari GP Portugal pada 24 April dan berakhir di GP Aragon pada 18 September 2022.  

Para pembalap minus Valentino Rossi yang sudah pensiun akan mendapatkan libur musim panas selama tiga pekan.

Baca Juga: WSBK Mandalika, Ketua IMI Bamsoet Tegaskan Bendera Merah Putih akan Tetap Berkibar 

Halaman:

Editor: Agus Yuliyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X