• Selasa, 24 Mei 2022

Musim Hujan Tiba, Berikut Tips Aman Nyetir Mobil Saat Banjir 2021

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:55 WIB
Banjir 2021 bisa membuat hanyut atau merusak mobil karena dipaksakan melewati genangan air. Berikut tips aman nyetir mobil saat banjir 2021. (Foto: WikiImages. Pixabay)
Banjir 2021 bisa membuat hanyut atau merusak mobil karena dipaksakan melewati genangan air. Berikut tips aman nyetir mobil saat banjir 2021. (Foto: WikiImages. Pixabay)

OTOSPORTIF. Musim hujan tiba, nyetir di berbagai daerah yang langganan banjir harus hati-hati. Derasnya air musim hujan bisa mengakibatkan musibah banjir 2021 yang tidak bisa diduga kapan datangnya.

Bagi pengendara mobil, banjir jadi momok yang menyeramkan. Namun, sebagai pengendara yang bijak, baiknya bersiap menghadapi kemungkinan datangya banjir 2021.

Musim hujan dan banjir bisa menimbulkan korban jiwa dan kerugian materiil yang besar. Mobil bisa hanyut ataupun mengalami kerusakan karena dipaksakan melewati genangan air banjir. Karenanya harus hati-hati ketika nyetir mobil saat banjir 2021.

Baca Juga: Intip Mobil Baru 2021 di GIIAS, Suzuki Vitara Brezza Diperkirakan Muncul di GIIAS, Mobil Baru Lain Apa Saja

Sebenarnya, boleh atau tidak sih mengendarai mobil melewati banjir atau kubangan air yang cukup dalam? Melalui jalanan banjir bukan tak mungkin selama mampu memperhatikan beberapa hal penting untuk keamanan mobil. Berikut beberapa catatan untuk berkendara saat jalanan terendam air banjir. Tips aman nyetir mobil saat banjir 2021.

Jangan Uji Nyali

Pertama, agar aman nyetir mobil saat banjir 2021, pastikan tidak ada arus deras pada area banjir yang akan dilewati. Keberadaan arus ini akan menyulitkan dan sangat membahayakan. Jangan uji nyali dan sembrono mencemplungkan mobil ke dalam area banjir yang berarus deras.

Kemudian, perkirakan kedalaman air. Lihat apakah kedalaman air mencapai setengah ban. Bila sedalam itu, maka jangan teruskan. Berputarlah dan cari alternatif jalan atau tunggu sedikit surut.

Bila kedalaman banjir terpantau tidak sampai setengah ban dan mobil kita bisa lewat. Ada kemungkinan jalanan yang direndam banjir ternyata airnya semakin dalam. Bila mendapatkan kondisi ini sebaiknya segera mundur teratur sebelum terlambat dan menimbuklan kerusakan yang tidak diharapkan.

Halaman:

Editor: Agus Yuliyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X